top
logo

Foto Kegiatan

Flash 8 required

Saat Ini Jam

Pendapat Anda

Bagaimana tampilan website ini ?
 

Statistics

Kunjungan : 1046364

Facebook Share

Share on facebook

Home Pemalsuan Miras Bermerek Ada di Pati Pemalsuan Miras Bermerek Ada di Pati
Pemalsuan Miras Bermerek Ada di Pati PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Administrator   
Senin, 15 Agustus 2011 02:50

(Suara Merdeka), Pati - Satuan Narkoba Polres Pati hingga kini masih belum menyelesaikan salah satu pekerjaan rumah (PR) berkait pemalsuan salah satu produk minuman keras (miras) bermerk vodka. Di kalangan penggemar atau pecandu miras merk “Mansion House” itu, dikenal dengan istilah “gepengan”, karena bentuk botolnya memang gepeng dengan ukuran isi paling kecil 350 mililiter.

Miras itu, di Pati paling banyak dicari penggemarnya dengan cara sembunyi-sembunyi, karena harganya masih bisa dijangkau. Yakni per botol ukuran itu jika isinya asli mencapai Rp. 50.000,- tapi yang isinya dipalsukan terpaut Rp. 5.000,- lebih murah. Sebab, bahannya dari alkohol bening yang bila disulut pasti menyala.

Situasi kalau di Pati, nampaknya menjadi sasaran paling empuk, karena banyaknya penenggak miras.

Maka seorang warga Dukuh Kebon Agung, Desa Margorejo, Kecamatan Wedarijaksa, Pati, Bambang (30) pun sampai harus memalsukan merek. Dia memproduksi miras bahan baku utama alkohol bening melalui cara meniru atau memalsu merek produk yang cukup dikenal kalangan pemabuk.

Sedangkan untuk mendapatkan alkohol jenis itu bukan hal sulit. Apalagi selama ini pekerjaan yang bersangkutan adalah mandor tebang tebu sebuah pabrik gula (PG) di Pati. Lagi pula, di Pati juga ada kegiatan usaha industri rumahan yang memproduksi bahan itu. Maka berkembanglah usaha memalsu merek miras jenis vodka itu.

Namun tiga hari menjelang umat Islam menyambut datangnya Ramadhan, tepatnya Kamis (28/7) lalu, tempat memproduksi miras palsu digerebek gabungan satuan reskrim dan satuan narkoba Polres Pati. “Sayang, otak pelaku pemalsu miras itu berhasil meloloskan diri, dan hingga sekarang belum ditemukan”, kata Kasat Narkoba, AKP Sayadi atas nama Kapolres AKBP Bernard Sibarani.

Dilimpahkan

Dengan demikian, kata dia, tersangka yang saat itu berhasil diamankan, yakni Sukaryanto bin Wagiman (28) dan Nurkhamid bin Paijo (28) warga dukuh setempat. Keduanya, hampir satu tahun sebagai pekerja dengan tugas khusus membuat tutup botol lengkap dengan pembuatan tulisan timbul untuk merk miras itu.

Barang bukti yang disita dari rumah Sukaryanto, yaitu 192 tutup botol dengan tulisan “Mansion House” warna merah, seperangkat alat pencetak tutup botol, dua buah palu, dan 3.000 busa sebagai pelapis tutup botol. Sehingga mereka melangggar Pasal 55 KUHP, yaitu turut serta membantu perbuatan jahat itu dengan ancaman pidana lima tahun.

Berkas perkara dua tersangka yang bersangkutan, kini sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Pati, untuk dilakukan penelitian sebelum dibawa ke Pengadilan Negeri (PN) setempat, dan disidangkan.

Di sisi lain, memang benar pihaknya masih mempunyai PR untuk menangkap pelaku utama, Bambang.

Fotonya sudah disebarluaskan, dan sementara dari hasil pelacakan yang dilakukan, ada informasi kalau lari ke Jakarta. Namun setelah diuber ke Kota Metropolitan tidak berhasil ditemukan, karena informasi terakhir ada yang menyebutkan tersangka sudah kabur lagi ke Papua.

Saat berlangsung penangkapan dan penggeledahan di rumah tersangka otak pelaku pemalsuan miras itu, banyak ditemukan barang bukti. Diantaranya 9 jerigen ukuran 20 liter yang berisi miras atau alkohol warna bening dan 253 botol kosong vodka untuk isi 350 mililiter perbotol, serta seperangkat komputer. Atas perbuatannya itu tersangka dinyatakan melanggar Pasal 55 KUHP jo Pasal 62 (1) UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Subsider, tersangka melanggar Pasal 55 huruf (a) UU No. 7 Tahun 1996 tentang Pangan. Dan, lebih Subsider Pasal 90 UU No. 15 Tahun 2001”, imbuh AKP Sayadi. (Alman Eko Darmo-32)

 

bottom

Badan Narkotika Kabupaten Pati : Satgas Bidang Litbang dan Informatika.
Warning: call_user_func() expects parameter 1 to be a valid callback, function 'tdo' not found or invalid function name in /home/bnkpati/public_html/templates/themza_j15_06/html/pagination.php on line 153
Valid XHTML and CSS.